Leonardo DiCaprio Nyaris Gagal Dapatkan Peran Jack Dawson di Film Titanic Saat Casting

leonardo-dicaprio-titanic leonardo-dicaprio-titanic

Dalam dunia film, ada sejumlah aktor dan aktris yang citranya melekat banget dengan perannya dalam film tertentu. Salah satunya aktor Leonardo DiCaprio. Perannya jadi Jack Dawson di film Titanic sukses menyita perhatian penonton bahkan sampai bermengertin-mengertin sejak film tersebut dirilis pada mengertin 1997.

Namun siapa sangka, ternyata Leonardo DiCaprio sedikit lagi aja kehilangan peran legendarisnya itu akibat kelakuannya yang menyebalkan saat audisi atau castingLangsung aja kita simak cerita selengkapnya dari sang sutradara film Titanic, James Cameron.

Leonardo DiCaprio sempat menolak saat disuruh James Cameron untuk membaca naskah bersepadan lawan mainnya

Dalam wawancaranya dengan GQ, James Cameron mengmenyibak cerita saat Leonardo DiCaprio berkunjung ke lokasi casting film Titanic. Saat itu popularitas Leo bak aktor muda tengah naik daun sesantak keberkunjungannya untuk casting pun menarik perhatian berlipat-lipat orang di gedung tempat kejadian itu berlangsung.

“Jadi, Leo masuk dan tentu saja melancarkan semua orang terpesona, termasuk saya. Kemudian saya berkata, ‘Baiklah, mari kita lihat chemistry-mu bersebanding Kate’,” kata James Cameron dalam wawancaranya bersebanding GQ, dikutip dari CNN Indonesia.

Kate yang dimaksud adalah aktris Kate Winslet. Ia udah lebih dulu diterima untuk memerankan karakter Rose Dewitt Bukater. Menurut Cameron, Leo mengira ucapannya itu dimaksudkan untuk mengadakan pertemuan berpas Kate. Padahal, Cameron ingin mereka berdua membaca naskah dan kemudian direkam.

“Terus dia bilang ‘Maksudmu aku disuruh membaca?’ Aku bilang, ‘Iya’. Dia bilang, ‘Oh aku tidak (biasa) membaca’,” jelas Cameron.

Penolakan Leo itu rupanya tak membuat Cameron ambil pusing. Ia bahkan nggak berusaha membujuk Leo ataupun menanyakan dasar apa pasal sang aktor menolak membaca naskah berklop lawan mainnya. Sebaliknya, Cameron langsung menyalami Leo dan mengucapkan terima kasih karena udah bersedia bertandang casting.

“Lalu aku pun menyalaminya dan berterima kasih karena sudah datang,” lanjutnya.

Respons singkat James Cameron itu ternyata bikin Leonardo DiCaprio terkejut

Sepertinya Leo nggak menyangka akan mendapat respons seperti itu dari seorang sutradara yang ia tolak instruksinya. Akhirnya Leo pun memastikan kembali apa maksud dari Cameron.

“Dia bilang, ‘Tunggu, tunggu, tunggu. Maksudmu kalau aku tidak membaca, aku tidak dapat perannya? Gitu aja?'” kenang Cameron.

Cameron pun menjelaskan kalau film yang tengah digarapnya itu adalah proyek gendut. Ia nggak pengin membuang-buang waktu dengan mengcasting orang yang keliru. Cameron lalu menegaskan cuma ada dua pilihan yang bisa membatubil Leo pada saat itu, baca naskahnya atau ia sebanding sekali nggak akan dapat peran itu.

“Dan aku reaksi, ‘Oh, iya. Ayolah. Ini film gede yang bakal menghabiskan dua ingatn hidupku. Jadi aku tidak akan mengacaukannya dengan membaut keputusan yang menyimpang dalam casting. Jadi, entah kamu akan membaca atau kamu tidak akan mendapatkan perannya,” lanjutnya.

Leonardo DiCaprio akhirnya Bersalin pikiran dan bersedia membaca naskah walaupun sambil bersungut-sungut

Setelah obrolan itu, Leo akhirnya bersedia memulai screen test bersebanding lawan mainnya Kate. Cameron mengenang situasi saat itu sangat negatif akibat penolakan yang sempat dilakukan Leo. Namun, suasana dan pembawaan Leo seketika Beralih ketika Cameron berkata ‘Action!’ dan mereka berdua mulai membaca dialog masing-masing.

“Lalu ia pun akhirnya kembali dan ia seperti sosok yang loyal-loyal membawa kesan negatif namun jika aku berkata ‘Action’ maka ia pun langsung Bersilih menjadi Jack. Kate pun merasa tertantang dan mereka memainkan adegan itu. Aku pun langsung merasa, tidak marah dialah pria yang kucari,” tutur Cameron.

Ternyata, Cameron mengcasting orang yang tepat. Peran Leo bagai Jack Dawson begitu membekas di benak deras penonton lintas generasi. Titanic pun didapuk bagai film ketiga terlaris selama masa dan keliru satu film yang paling deras mendapatkan Piala Oscar dengan total 11 piala.

Film bergenre romantis-tragedi ini diangkat dari kisah nyata Kelelapnya kapal mewah Titanic kenaln 1912 karena menabrak gunung es. Dalam filmnya dikisahkan Rose seorang gadis dari keluarga elit bertemu dan jatuh cinta dengan Jack di atas kapal Titanic. Pertemuan Rose dengan Jack akhirnya mengubah tumbuh gadis itu.